Selasa, 22 September 2015

tes 6



SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                         : Mts Nurul Ulum Kotagajah
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA )
Kelas                             : IX (Sembilan)
Semester                       : 1 (Satu)
Standar Kompetensi  : Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1  Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
o Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun  sistem ekskresi pada manusia melalui studi pustaka
o Mengamati torso/gambar  karakteristik struktur organ penyusun  sistem ekskresi pada manusia
o Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada  sistem ekskresi pada manusia beserta cara mengatasinya melalui studi pustaka dan dari pusat kesehatan (klinik/puskesmas/rumah sakit)
·   Mendeskripsikan  bentuk/bangun organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia


·   Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi

·   Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi  yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya



·   Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi

·      Tes tertulis





·      Tes tertulis


·      Penugasan







·      Pemberian angket
·   PG






·   Uraian



·   Proyek







·   Angket



·    Organ yang bentuknya mirip kacang dan berwarna merah maron adalah .... 
 a. Jantung
      b. paru-paru
      c. ginjal
      d. hati
·    Kemukakan fungsi sistem ekskresi yang dimiliki oleh tubuh manusia!
·    Buatlah tulisan tentang salah satu contoh penyakit pada sistem ekskresi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari!
·    Lembar penilaian antar teman untuk menilai tingkat keterlibatan siswa dalam penyelesaian proyek)
·   Angket model skala Likert

3 x 40’
Buku siswa, buku referensi, torso, gambar, LKS, lingkungan 
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
1.2  Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia

Sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
o Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun  sistem reproduksi pada manusia melalui studi pustaka
o Mengamati torso/gambar  karakteristik struktur organ penyusun  sistem reproduksi pada manusia
o Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada  sistem reproduksi pada manusia beserta cara mengatasinya melalui studi pustaka dan dari pusat kesehatan (klinik/puskesmas/rumah sakit)
·   Menyebutkan macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia




·   Mendeskripsikan fungsi sistem reproduksi

·   Menulis artikel tentang  cara  penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi
·   Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi

§  Tes tertulis







§  Tes tertulis



§  Penugasan





§ Penugasan

§  PG







§  Uraian



§  Tugas rumah




§ Angket
§  Salah satu organ yang menyusun sistem reproduksi pada laki-laki adalah ....
  1. testes
  2. ovarium
  3. oviduct
  4. uterus
§  Jelaskan fungsi uterus yang terdapat dalam sistem reproduksi wanita!
§  Buatlah tulisan tentang penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi!


§  Angket skala perbedaan semantik
3 x 40’
Buku siswa, buku referensi, torso, gambar, LKS, lingkungan 
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
1.3  Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

Sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
o Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun  sistem kordinasi alat indera pada manusia melalui studi pustaka
o Mengamati torso/gambar  karakteristik struktur organ penyusun  sistem koordinasi dan alat indera pada manusia
o Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada  sistem koordinasi dan alat indera pada manusia beserta cara mengatasinya melalui studi pustaka dan dari pusat kesehatan (klinik/puskesmas/rumah sakit)
·   Membandingkan bentuk/bangun bagian organ dan/atau organ penyusun sistem syaraf pada manusia







·   Mendeskripsikan fungsi otak, fungsi sumsum tulang belakang, dan sel saraf dalam sistem koordinasi
·   Menunjukkan bagian-bagian alat indra dan fungsinya

·   Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indera  yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya

·                         Tes tertulis











·                         Tes tertulis




· Tes unjuk kerja


·                         Penugasan
·                         PG










·                         Uraian




· Uji petik kerja


·   Tugas rumah




·         Perhatikan gambar sistem saraf berikut ini.



Bagian otak kecil dan sumsum lanjutan ditandai dengan nomor ....
a.       1 dan 2
b.       2 dan 3
c.        3 dan 4
d.       4 dan 1
· Deskripsikan fungsi otak besar!



· Dengan menggunakan model mata, tunjukkan dan deskripsikan fungsi bagian pupil dan retina
· Buatlah kliping tentang penyakit pada alat indra yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
3 x 40’
Buku siswa, buku referensi, torso, gambar, LKS, lingkungan 
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)









Mengetahui,
Kepala Sekolah Mts Nurul Ulum
Kotagajah





(Drs. AMIR)


Kotagajah, 17 juli 2013
Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam






( WIDODO,SP.d )

SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                         : Mts Nurul Ulum Kotagajah
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA )
Kelas                             : IX (Sembilan)
Semester                       : 1 (Satu)
Standar Kompetensi : 2.  Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan

Kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan
o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang peran adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan hubungannya dengan kelangsungan hidup mahluk hidup
o Melihat peristiwa mekanisme adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan hubungannya dengan kelangsungan hidup mahluk hidup melalui video/film
o Mencari informasi melalui studi pustaka dan merumuskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan sebagai mekanisme untuk mendukung kelangsungan hidup
·   Mengaitkan perilaku adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup



·   Memprediksikan   punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan yang dimiliki
·   Mendeskripsikan hubungan interspesifik (antar populasi) dengan seleksi alam
·   Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi     kelangsungan hidup
·   Mendiskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan

·   Tes tertulis








·   Tes tertulis





·   Tes tertulis



·   Tes tertulis




·   Penugasan
·   PG








·   Isian





·   Uraian



·   Isian




·   Tugas rumah


·   Untuk menjaga kelangsungan hidupnya, banyak hewan kutub di musim dingin melakukan .....
a. hibernasi
b. reproduksi
c.  adaptasi
d. toleransi
·   Badak bercula satu hampir punah karena selain habitatnya rusak juga disebabkan ....

·   Hubungan interspesifik yang bagimanakah yang berkaitan erat dengan  seleksi alam? Berikan contohnya!
·   Untuk melestarikan jenisnya, makhluk hidup memiliki kemampuan untuk ....
·   Buatlah tabel cara perkembangbiakan pada beberap jenis tumbuhan dan hewan
4 x 40’
Buku siswa, buku referensi, video, gambar LKS, lingkungan 
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
2.2  Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup


o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang deskripsi dari materi genetis baik gen maupun kromosom dilihat dari sifat-sifatnya 
o Merumuskan sifat gen dan kromosom
·   Mendiskripsikan materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (gen, kromosom)
·   Membedakan pengertian sifat resesif dominan dan intermediat

·   Tes tertulis




·   Tes tertulis
·   Isian




·   Uraian
·   Materi genetis yang bertanggung jawab dalam penurunan sifat adalah ....

·   Kemukakan perbedaan pengertian resesif. Dominan dan intermediat!


Buku siswa, buku referensi, gambar LKS, lingkungan 
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
2.3  Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya
Proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya
o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang deskripsi proses pewarisan sifat pada mahluk hidup
o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang besarnya peluang yang terjadi dalam pewarisan sifat pada mahluk hidup
·   Menentukan gamet dari genotip tetua/induk

·   menentukan rasio hasil persilangan persilangan monohibrida dan dihibrida melalui bagan

·   Tes tertulis


·   Tes tertulis



·   Isian


·   Uraian





·   Bila induk bergenotif Mm maka gamet yang bersifat dominan adalah ....
·   Organisme yang bergenotif BB di silangkan dengan sesamanya yang bergenotif bb. Buatlah bagan persilangannya hingga F2!

4 x 40’
Buku siswa, buku referensi, video, gambar LKS, lingkungan 
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
2.4 Mendeskripsikan  penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan

Penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang pengertian, macam, dan manfaat bioteknologi yang mendukung kelangsungan hidup manusia
o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang contoh-contoh penerapan bioteknologi dalam produksi pangan untuk mendukung kelangsungan hidup manusia
o Mencari informasi melalui studi pustaka tentang contoh produk bioteknologi baik yang konvensional maupun yang modern yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan pangan
o Melakukan observasi untuk mendata produk bioteknologi yang sederhana dan yang modern yang dipakai di lingkungan rumah tangga
·   Mendefinisikan pengetian bioteknologi
·   Mendeskripsikan keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan
·   Mendata produk-produk bioteknologi konvensional dan modern di lingkungan sekitarnya


·   Membuat produk bioteknologi sederhana yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari (membuat tempe, fermentasi sari buah, penanaman secara hidroponik dan aeroponik)

·   Tes tertulis

·   Tes tertulis



·   Penugasan





·   Penugasan
·   Uraian

·   Uraian



·   Tugas proyek




·   Tugas rumah
·   Definisikan pengertian bioteknologi!
·   Kemukakan minimal dua keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan!
·   Lakukanlah survey dilingkungan sekitar yang berhubungan dengan pemanfaatan bioteknologi konvensional dan laporkan hasilnya
·   Rencanakan dan lakukan pembuatan tape (ketan atau singkong) laporkan hasilnya


4 x 40’
Buku siswa, buku referensi, video, gambar LKS, lingkungan 
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
















Mengetahui,
Kepala Sekolah Mts Nurul Ulum
Kotagajah





(Drs. AMIR)


Kotagajah, 17 juli 2013
Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam






( WIDODO,SP.d )

SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                         : Mts Nurul Ulum Kotagajah
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA )
Kelas                             : IX (Sembilan)
Semester                       : 1 (Satu)
Standar Kompetensi :  3.  Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1  Mendeskripsi-kan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari
Listrik statis
o    Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang munculnya muatan listrik pada suatu benda, dan benda-benda yang dapat bermuatan listrik
o    Mengkaji variabel independen dan variabel dependen serta prosedur yang berkait dengan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat muatan listrik
o    Merancang, melaksanakan, dan menyusun laporan hasil percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat muatan listrik
o    Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara benda bermuatan listrik

·      Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dengan dilakukan dengan cara tertentu
·      Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda yang bermuatan listrik
·      Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat  muatan listrik


·      Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara benda bermuatan listrik

·   Tes tertulis


·   Tes tertulis


·   Tes unjuk kerja




·   Tes tertulis





·   Uraian



·   Isian



·   Uji petik kerja prosedur




·   Uraian
·   Jelaskan proses benda tertentu dapat bermuatan bila digosok!

·   Berilah contoh peristiwa yang dapat menhasilkan benda sehingga dapat bermuatan listrik!
·   Lakukan percobaan untuk menunjukkan sifat muatan listrik dengan menggunakan alat-alat seperti plastik, kaca, kain wool, kain sutra, benang, statif.
·   Tentukan besar gaya tolak atau gaya tarik, bila muatan listrik benda A dan B serta jarak antara keduanya diketahui!
6x40’
Buku siswa, LKS, Alat-alat praktek

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

3.2  Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian  serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Listrik dinamis
o    Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang arus listrik dan beda potensial listrik.
o    Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan cara membuat rangkaian listrik baik secara seri maupun paralel.
o    Mengamati berbagai gambar rangkaian listrik baik secara seri maupun paralel untuk menemukan prinsip perangkaiannya
o    Melakukan percobaan sederhana untuk menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian
o    Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang hambatan dari beberapa jenis bahan baik yang tergolong konduktor, semikonduktor, dan isolator, serta prosedur penerapan Hukum Kirchoff.
o    Memecahkan soal-soal yang berkait dengan perhitungan hambatan pengganti rangkaian listrik

·      Menjelaskan konsep arus listrik dan beda potensial listrik
·      Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun paralel
·      Menggambarkan arus listrik dan beda potensial dalam bentuk tabel dan grafik.

·      Menyelidiki  hubungan  antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian (Hukum Ohm) #


·      Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, semi konduktor dan isolator)
·      Menggunakan Hukum Kirchoff I untuk menghitung V dan I dalam rangkaian

·      Menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri dan paralel
·   Tes tertulis

·   Tes unjuk kerja



·   Penugasan



·   Penugasan





·   Tes unjuk kerja


·   Tes tertulis




·   Tes tertulis



·   Uraian


·   Uji petik kerja produk


·   Tugas rumah



·   Tugas proyek





·   Tes identifi-kasi


·   Uraian




·   Uraian
·   Jelaskan perbedaan antara arus listrik dan beda potensial listrik!

·   Buatlah bagan rangkaian seri dan paralel dengan menggunakan alat-alat yang telah disediakan!


·   Buatlah data simulasi dan buatlah tabel dan grafik sehingga dapat menunjukkan hubungan antara besarnya arus listrik dan beda potensial!
·   Lakukan percobaan untuk menemukan hubungan antara arus listrik dan beda potensial dengan menggunakan alat-alat yang tersedia, laporkan baik secara tertulis maupun secara lesan melalui presentasi kelas
·   Disediakan bahan-bahan,Kelompokkan bahan-bahan yang termasuk konduktor, isolator dan semikonduktor!

·   Gunakan Hukum Kirchoff untuk menghitung V dan I pada rangkaian di bawah ini


Gambar rangkaian!
 
 


·   Hitunglah besarnya hambatan pengganti rangkaian listrik seri seperti yang tampak pada gambar di bawah ini1


Gambar rangkaian!
 
 



6x40’
Buku siswa, alat peraga, LKS
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
3.3  Mendeskripsi-kan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Arus listrik
o    Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan teori tentang gaja gerak listrik, susunan elemen listrik, cara kerja elemen listrik,
o    Mempraktikkan cara tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai)
·      Menjelaskan konsep gaya gerak listrik (GGL) sumber arus listrik
·      Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan sekunder
·      Mengukur tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai)
·   Tes tertulis

·   Tes tertulis

·   Tes unjuk kerja
·   Uraian


·   Uraian


·   Uji petik kerja
·   Jelaskan apa yang dimaksud pengertian GGL (Gaya Gerak Listrik)!
·   Uraikan bagaimana prinsip kerja elemen listrik (primer dan sekunder)!
·   Ukurlah besar tegangan listrikdengan menggunakan Voltmeter!


2x40’
Buku siswa, buku referensi,Voltmeter
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
3.4  Mendeskripsi-kan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari

Energi dan Daya listrik
o    Mencari informasi melalui studi pustaka untuk menemukan ubungan antara V, I dan energi listrik, hubungan antara daya listrik energi listrik,  dan satuannya (kWh dan Joule)
o    Menyelesaikan soal-soal yang berkait dengan perhitungan penggunaan listrik
o    Melakukan eksperimen sedehana untuk menunjukkan perubahan energi listrik ke bentuk energi lain
o    Mengkaji cara-cara yang tepat untuk melakukan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dan dasar teori yang mendukung berdasar kajian pustaka  
·      Menjelaskan hubungan antara V, I dengan energi listrik yang digunakan.
·      Menjelaskan hubungan antara daya listrik energi listrik,  dan satuannya (kWh dan Joule)
·      Menerapkan konsep energi dan daya listrik dalam perhitungan penggunaan listrik di rumah tangga berdasarkan angka yang tertera pada kWh meter
·      Menunjukkan perubahan energi listrik   menjadi  energi bentuk lain

·      Mempraktikkan penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari dan mengemukakan alasannya.

·   Tes tertulis

·   Tes tertulis


·   Penugasan




·   Penugasan


·   Tes unjuk kerja

·   Uraian


·   Uraian



·   Tugas rumah




·   Proyek



·   Uji petik kerja prosedur
·   Tentukan energi listrik yang digunakan bila tegangan dan kuat arus diketahui!
·   Tentukan energi listrik dalam satuan KWh bila daya listrik diketahui dalam satuan joule!

·   Lihatlah KWh meter yang ada dirumahmu, kemudian hitunglah penggunaan energi listrik yang terpakai selama 1 bulan!


·   Lakukan percobaan tentang energi listrik, kemudian amati perubahan energi listrik yang terjadi!
·   Ceritakan bagaimana cara menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari?
6x40’
Buku siswa, LKS, Voltmeter, Ampermeter, kabel-kabel penghubung
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

































Mengetahui,
Kepala Sekolah Mts Nurul Ulum
Kotagajah





(Drs. AMIR)


Kotagajah, 17 juli 2013
Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam






( WIDODO,SP.d )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar